Cara Mudah Buat Kartu Kuning Bagi Pencari Kerja

Cara Mudah Buat Kartu Kuning Bagi Pencari Kerja

Selain menyiapkan resume dan surat lamaran yang banyak, apa lagi persyaratan yang dibutuhkan para pencari kerja? Salah satunya adalah kartu kuning. Apa itu kartu kuning dan fungsinya bagi pencari kerja?

Sumber : Talent Success Engine for Hospitality

Kartu kuning merupakan kartu yang dicetak Disnaker sebagai bukti dokumentasi kamu terdaftar sebagai pencari kerja. Di kalangan pencari kerja, kartu kuning lebih akrab disebut sebagai kartu AK1.

Sistematis Cara Membuat Kartu Kuning yang Benar

  1. Lengkapi Persyaratan

Pertama-tama, silahkan kamu lengkapi seluruh persyaratannya terlebih dahulu. Jumlah syarat dokumennya tidak rumit dan banyak, cukup siapkan 5 berkas saja. Seperti salinan ijazah terakhir, pas foto 3×4 background merah, salinan akta lahir, salinan KTP/SIM. Dan terakhir membawa salinan Kartu Keluarga.

  1. Datang Ke Kantor Disnaker

Setelah semua persyaratan kamu lengkapi, segera datangi kantor Disnaker yang ada di kota tempat tinggalmu untuk proses pendaftarannya. Agar tidak terlalu lama mengantri, datanglah lebih awal terutama jika kamu membuat kartu kuning disaat job fair atau pembukaan CPNS berlangsung.

Berikan dokumen syarat kartu kuning yang telah kamu siapkan pada petugas Disnaker untuk diproses. Ikuti seluruh mekanismenya hingga Disnaker mencetak kartu kuning milikmu. Jangan lupa legalisir kartu kuning.

  1. Buat Kartu Kuning Online

Di point kedua, kami mengajarkan bagaimana cara membuat kartu kuning secara manual. Pada kesempatan kali ini, silahkan kamu coba buat kartu kuning via daring. Bagaimana caranya? Simak penjelasan berikut ini:

  • Pertama-tama, silahkan kamu kunjungi situs resmi Disnaker
  • Setelah itu pilih daftar dan isi dokumen identitas pribadi dengan akurat.
  • Masukan pula informasi yang dibutuhkan seperti keterampilan, data pribadi, pendidikan juga pekerjaan.
  • Selanjutnya upload pas foto dengan background warna merah.
  • Setelah informasi yang diminta selesai kamu unggah dan isi. Silahkan kunjungi kantor Disnaker untuk mengambil kartu kuningnya.

Dari kedua cara membuat kartu kuning yang telah dijelaskan sebelumnya, mana yang menurutmu paling mudah?

Apakah cara manual atau online? Apa pun cara yang kamu pilih, buat kartu kuning segera setelah kamu lulus study dan berencana mencari pekerjaan. Jangan lupa untuk perbarui kartu kuningnya saat memasuki masa kadaluwarsa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *